Kamis, 12 September 2013

PISANG KEPOK MENTEGA MESES

Penganan ini dimakan enak dimakan kapan saja, untuk sarapan kalau lagi enggan makan nasi, atau dimakan hangat-hangat pada sore hari sembari minum teh. Hmmm ... nyam-nyam. Bikinnya gampang dan gak pake lama :D


Bahan:

  • Pisang kepok merah
  • Mentega secukupnya
  • Meses atau keju parut untuk taburan
Cara:

  • Kupas pisang kepok merah, belah jadi 2 secara memanjang
  • Panaskan pan teflon dan beri mentega sedkit saja, sekira satu sendok makan untuk membasahi seluruh permukaan pan
  • Setelah panas, masukkan pisang kepok dan biarkan sampe agak kecoklatan. Balik pisang dan tunggu sampe kecoklatan juga
  • Angkat pisang dan hidangkan. Mau pisang polosan boleh atau beri topping sesuai selera, bisa meses atau keju parut.

Jumat, 16 Agustus 2013

OSENG DAUN PEPAYA

Masakan daun pepaya ini bisa meningkatkan selera makan kita, mudah lho mencari bahannya .. masaknya juga gampang. Kalau suka pedes tinggal tambah aja jumlah cabe rawitnya.



Bahan:

  • 300 g daun pepaya muda
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah cabe merah, iris tipis
  • 1/2 tomat, iris
  • 5 cabe rawit, biarkan utuh
  • lengkuas
  • santan encer
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak sayur untuk menumis

Cara Memasak:

  • Remas-remas daun pepaya dengan garam untuk menghilangkan rasa pahitnya dan cuci
  • Rebus air secukupnya sampai mendidih, masukkan daun pepaya sampai lunak. Angkat daun pepaya dan tiriskan, setelah itu peras dan iris kasar
  • Tumis irisan bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit dan tomat hingga layu
  • Masukkan daun pepaya. Aduk sampai bumbu bercampur rata
  • Beri santan, garam dan gula. Tunggu hingga semua santan meresap dalam daun pepaya
  • Angkat masakan. Oseng daun pepaya siap dihidangkan dengan nasi hangat. 

Minggu, 28 Juli 2013

BAKSO WORTEL SELEDRI UNTUK ANAK

Si kecil doyan bakso? 
Kalau beli khawatir kalau banyak MSG-nya?
Kalau  beli khawatir  mengandung bahan yang kurang sehat bagi anak?
Yuk bikin bakso sendiri ...
Gampang, sehat dan murah ...



Bahan:
  • 250 gram daging ayam
  • 1 sdm tepung kanji 
  • 1 siung bawang putih
  • 1 batang wortel
  • seledri secukupnya
  • 1 sdt garam atau secukupnya
  • 1/4 sdt merica atau secukupnya
  • air es secukupnya


Cara Membuat:
  • Daging ayam potong kecil-kecil dan blender sampai halus
  • Bawang putih iris tipis, goreng dan gerus sampai hancur
  • Serut wortel tipis-tipis dan cincang
  • Iris seledri
  • Campur bahan 1 sampai dengan 4, tambahkan kanji, garam dan merica sesuai selera, dan uleni sampai tercampur rata
  • Tambahkan  air es dan uleni lagi
  • Ambil segenggam adonan bakso, remas dan arahkan adonan ke ibu jari. Sendoki bakso yang keluar dari lingkaran ibu jari dan telunjuk sehingga membentuk bulatan-bulatan
  • Rebus bulatan bakso ke dalam air yang telah mendidih. Bakso yang matang akan mengapung. Angkat dan tiriskan
  • Buat kuah bakso dengan merebus tulang-tulang ayam. Beri garam, merica dan gorengan bawang putih
  • Bakso sehat siap dihidangkan pada anak-anak kita.

Sabtu, 11 Mei 2013

Oseng Jamur Kancing

Orang-orang rumah lagi keranjingan jamur kancing atau jamur Champignon, karena rasanya yang kenyal tapi lembut. Selain dimasak sop, jamur ternyata juga enak dioseng. Memasaknya gampang dan cepet. 



Bahan : 

  • 10 buah jamur kancing, iris menjadi 4 bagian membujur
  • setengah butir bawang bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, keprek dan cacah
  • setengah buah tomat sedang, iris
  • 1 buah lombok besar (bisa diganti cabe rawit sesuai tingkat pedas yang disukai), iris serong
  • daun bawang, iris
  • 1 sdm minyak goreng
  • 2 sdm kecap (atau sesuai selera)
  • garam
  • gula


Cara Memasak:

  • Tumis irisan bawang putih, bawang bombay, tomat dan lombok sampai harum
  • Masukkan irisan jamur  kancing
  • Beri kecap, aduk sampai rata
  • Beri air sedikit kira-kira seperempat gelas supaya tidak gosong saja, karena beberapa menit kemudian jamurnya akan mengeluarkan air
  • Beri garam dan gula, tunggu sampai air tinggal sedikit dan bumbu serta kecap meresap dalam jamur
  • Angkat masakan, oseng jamur siap untuk disantap, nyam nyaaaam 





Kamis, 18 April 2013

AYAM GULUNG ISI KEJU

Masakan ini paling disukai anakku. Kalau dia sedang nggak nafsu makan, begitu dibuatkan masakan ayam ini, langsung makannya jadi semangat. Cara masaknya gampang dan cepat. Resep aslinya sebenarnya pake fillet ayam dan daging asap, tapi karena selalu lupa belanja daging asap, jadinya nggak pernah punya persediaan .. ya pake fillet ayam saja. 


Nah supaya masakan ini lebih sehat, saya selipkan sayur yang di resep aslinya nggak pake sayur. Sayurnya bisa dipilih kangkung, bayam, sawi daging atau lainnya. Supaya mudah digulung, layukan dulu sayur dalam air mendidih sebentar. 

Untuk keju: bila ingin keju meleleh sampai ke fillet pilih yang quick melt, tapi bila tidak pilih keju yang biasa.



Bahan: 
  • dada ayam, iris tipis menjadi beberapa lembar fillet sesuai kebutuhan
  • keju, potong seperti balok dengan ukuran sisi 0,5cm x 0,5 cm sebanyak jumlah fillet
  • daun kangkung/bayam/sawi beberapa lembar (pilih salah satu), rendam dalam air mendidih selama satu menit
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • garam
  • merica
  • tepung panir
  • minyak untuk menggoreng


Cara memasak:
  • Taburi kedua permukaan fillet dengan garam dan merica sesuai dengan selera asin dan pedasnya merica
  • Letakkan daun kangkung/bayam/sawi di atas fillet. Rapikan sayur sesuai bentuk fillet
  • Letakkan potongan keju di atas daun sayur dan gulung perlahan sedemikian rupa sehingga seluruh permukaan keju tergulung oleh sayur dan fillet ayam
  • Cemplungkan gulungan fillet ke dalam telur yang telah dikocok
  • Gulingkan dalam tepung panir. Bila ingin balutan tepung agak tebal, masukkan lagi dalam telur dan gulingkan lagi ke dalam tepung panir
  • Goreng sampai kecoklatan
  • Angkat, siap dihidangkan dengan saos tomat dan saos sambel

Selasa, 12 Maret 2013

Resep Sup Jamur Kancing

Sup yang satu ini gampang banget bikinnya. Cocok untuk dimakan hangat-hangat pas musim hujan seperti ini. Jamur kancing yang agak kenyal berasa seperti daging ayam, dan yang paling penting ... tanpa dikasih vetsin, rasanya tetap nyam-nyam :).



Bahan:
10 buah jamur kancing
2 wortel 
1 bawang bombay
4 siung bawang putih
merica secukupnya
pala secukupnya
garam secukupnya
1/2 ruas jahe 
600 ml air
1 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu


Cara Membuat:
1. Cuci dan potong jamur kancing menjadi 4 bagian.
2. Kupas, cuci bersih wortel dan iris dengan bentuk sesuai selera.
3. Iris bawang bombay dan keprek bawang putih kemudian tumis sampai baunya harum.
4. Masukkan wortel dan biarkan sampai agak layu.
5. Masukkan jamur, beri garam, merica dan pala sesuai selera. Masukkan jahe dan aduk sampai bumbu bercampur rata.
6. Beri air untuk kuah sup, biarkan sampai mendidih. Angkat.
7. Sup siap untuk dihidangkan. 

Untuk 5-6 orang

baca juga: http://anekaresepmasakanpraktis.com/author/noworry

Sabtu, 09 Maret 2013

Resep Gulai Jantung Pisang

Gampang-gampang susah dapetin jantung pisang, di tukang sayur nggak selalu ada. Nah, malamnya omong-omong pengin masakan jantung pisang, eh kebetulan banget esok harinya tukang sayurnya bawa jantung pisang. Pucuk dicinta ulam tiba deh, kesampaianlah masak jantung pisang.



Bahan yang diperlukan:
1 jantung pisang
bawang daun
serai, daun salam dan daun jeruk purut
1 sdm air asam Jawa
500 ml santan
minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu yang dihaluskan:
4 lombok merah besar
5 bawang putih
8 bawang merah
garam secukupnya
1 sdm gula
1 sdt merica

Cara Membuat:
1. Buang kulit luar jantung pisang sampai terlihat kulit yang berwarna kuning muda. Cuci bersih dan potong menjadi empat bagian memanjang. Rebus sampai layu, angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, potong tipis-tipis sekitar  1/2 cm atau sesuai selera.
2. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga berbau harum.
3. Masukkan air asam, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut.
4. Masukkan santan dan aduk supaya tidak pecah sampai santan agak mengental.
5. Masukkan irisan jantung pisang, masak sampai bumbu meresap dan angkat.
6. Siap disantap untuk 4-6 orang
7. Selamat mencoba.